Sebab Alergi dan Tes Alergi Yang Bisa Dilakukan

Posted on June 21, 2019 in Kesehatan

Pernahkah Anda membengkak saat selesai makan makanan laut atau lingkungan yang dingin? Atau apakah tulangnya tergores dengan luar biasa setelah Anda membersihkan rumah karena debu? Atau lebih berbahaya saat minum obat. Jika jawaban Anda adalah “YA”, itu artinya Anda kemungkinan besar akan menderita alergi. Sebisa mungkin tentang apa yang menyebabkan alergi Anda.

Pada prinsipnya, alergi adalah suatu kondisi di mana tubuh bereaksi berlebihan terhadap suatu zat (bisa berupa makanan, obat-obatan, bulu hewan, debu, dll.), Juga dikenal sebagai hipersensitivitas. Jadi dalam hal ini, ketika tubuh melewati bahan alergenik, tubuh akan memproduksi antibodi karena tubuh menganggap elemen alergenik itu agak berbahaya. Ketika tubuh memasuki alergen yang sama, tubuh melepaskan antibodi yang sama, yang menyebabkan bahan kimia dalam tubuh dan menyebabkan gejala alergi.

Saat ini, orang masih bingung membedakan antara alergi dan toleransi makanan, beberapa bahkan menyamakan alergi dengan intoleransi makanan, meskipun kedua hal ini sangat berbeda. Alergi – seperti dijelaskan di atas – bersifat hipersensitif. Meskipun intoleransi makanan adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna makanan tertentu, misalnya; intoleransi laktosa.

Bingung apakah Anda alergi atau tidak? Berikut adalah beberapa gejala umum yang terjadi sebagai respons terhadap alergi:

  • Bersin-bersin
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Ruam kulit
  • Hidung Berair
  • Pembengkakan terjadi di bagian tubuh yang mengalami alergen, seperti wajah, mulut dan lidah
  • Gatal dan kemerahan pada mata
  • Mata berair

Mereka semua memiliki reaksi yang berbeda, tergantung pada tingkat reaksi, dari reaksi alergi ringan hingga reaksi alergi serius dan dapat berakibat fatal. Berikut adalah tiga tingkat reaksi alergi yang dapat terjadi karena berbagai alergi, seperti alergi dingin terhadap alergi makanan.

Berita buruknya adalah bahwa alergi tidak dapat disembuhkan, tetapi kita dapat ‘menggabungkan’ dengan alergi dengan menghindari benda-benda yang mengandung zat-zat alergi, tetapi mereka juga dapat dihilangkan dengan minum obat. Obat antihistamin biasanya digunakan untuk gejala alergi, alergi ringan, dan alergi pada tingkat sedang. Sementara obat yang mengandung adrenalin sering digunakan oleh dokter untuk mengobati kasus alergi dan anafilaksis yang parah dengan injeksi.

Alergi pada umumnya merupakan penyakit genetik, tetapi setiap orang memiliki potensi hingga 5% alergi. Angka ini akan meningkat sebesar 50% jika salah satu orang tua anak memiliki alergi dan akan meningkat menjadi 80% jika keduanya memiliki riwayat reaksi alergi.

Lebih baik bagi kita untuk mengantisipasi kemungkinan alergi, yang bisa berakibat fatal bagi tubuh, dengan melakukan tes laboratorium untuk melihat apakah kita memiliki ‘bakat’ atau tidak. Biasanya, tes yang dilakukan adalah tes untuk mengukur kadar antibodi alergi atau imunoglobin dalam aliran darah.

Untuk menentukan apakah Anda terserang alergi atau tidak, ada baiknya memeriksa diri sendiri dengan melakukan tes darah di laboratorium. Lakukan studi di Pesanlab dan pilih studi untuk paket Skrining Alergi. Selalu periksa melalui Pesanlab, karena ada banyak keuntungan dan manfaat ketika Anda melakukan survei di Pesanlab, termasuk: Biaya Rendah, Layanan Rumah dan hasil Lab Online. Jadi tunggu apa lagi, mari kita lakukan inspeksi cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *