Persiapan Yang Harus Diperhatikan Oleh Kedua Mempelai

Posted on March 20, 2019 in Gaya Hidup

Siapa sih orang di dunia ini yang tidak ingin menikah? Tentu saja pernikahan itu merupakan dambaan bagi setiap orang, baik untuk kaum pria maupun kaum wanita. Selain untuk mempertahankan jumlah populasi manusia, pernikahan juga merupakan salah satu tuntutan dari agama untuk kehidupan umat manusia. Dengan demikian, maka tak heran jika pernikahan ini merupakan momen yang paling penting dalam kehidupan kita. Mengingat pentingnya momen pernikahan, tentu saja periapannya juga harus benar-benar matang. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah persiapan pernikahan yang harus diperhatikan oleh kedua mempelai.

Persiapan Calon Mempelai Wanita
1. Budget

Persiapan pertama yang harus dipersiapkan oleh calon mempelai wanita menjelang pernikahan, yakni menyiapkan budget alias uang. Ya, sebab budget ini menjadi hal yang paling krusial dalam acara pernikahan. Terlebih jika anda ingin mengadakan acara pesta pernikahan di gedung, yang secara otomatis dana yang dibutuhkannya juga sangatlah besar. Namun, jika calon suami anda itu adalah orang yang tajir, biasanya biaya pesta pernikahan ini akan ditanggung olehnya.

2. Mencari Lokasi Pernikahan

Mencari lokasi pernikahan, biasanya memang akan diserahkan sepenuhnya pada pihak mempelai wanita. Dalam hal ini, anda harus mencari lokasi pernikahan yang sekiranya memang cocok. Tak harus di gedung-gedung yang mewah, mengadakan pesta pernikahan juga bisa diadakan dirumah. Untuk meminimalisir budget, tentunya anda harus mengadakan pesta pernikahan dirumah saja.

3. Membuat Kartu Undangan Pernikahan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan oleh calon mempelai wanita, yakni membuat kartu undangan pernikahan. Sebelum membuat kartu undangan, ada baiknya jika anda membuat dulu data nama-nama tamu yang akan diundang. Dengan begitu, maka kartu undangannya akan sesuai dengan jumlah tamu.

4. Mencari Catering Yang Tepat

Mengingat calon mempelai wanita bertindak sebagai tuan rumah, maka sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk mencari catering yang tepat. Untuk mendapatkan catering yang tepat, anda bisa meminta rekomendasi pada keluarga, kerabat, atau sahabat.

5. Memastikan Perlengkapan Pesta Pernikahan

Hal terakhir yang harus diperhatikan oleh calon mempelai wanita, yakni memastikan tentang perlengkapan pesta pernikahannya. Ya, perlengkapan pesta pernikahan ini mulai dari dekorasi, kartu undangan, catering, dan lain sebagainya.

Persiapan Calon Mempelai Pria
1. Budget

Sama halnya dengan calon mempelai wanita, calon mempelai pria juga tentunya wajib mempersiapkan budget untuk biaya pernikahan.

2. Mempersiapkan Mahar

Setiap calon mempelai pria tentunya harus mempersiapkan mahar. Namun, sebuah mahar itu tidak harus dengan hal-hal yang mewah. Pasalnya, pernikahan yang suci dan sah itu bukan dilihat dari seberapa mewahnya mahar. Bahkan, tak sedikit dari pihak calon mempelai wanita yang mensyaratkan mahar kepada calon mempelai pria yang berupa jasa.

3. Mencari Konsep Foto Prewedding

Hal berikutnya yang haru diperhatikan oleh calon mempelai pria menjelang pernikahan, yakni mencari konsep foto prewedding. Dalam hal ini, anda harus mencari view yang benar-benar cocok untuk background foto prewedding. Disamping itu, anda juga jangan sampai lupa untuk memilih fotograper yang sudah handal.

4. Mengurus Dokumen Syarat Sah Nikah

Mengurus dokumen syarat sah nikah ke KUA juga tidak kalah pentingnya bagi calon mempelai pria. Dokumen tersebut biasanya mencakup ijazah, KTP, KK, pas foto, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh kedua mempelai menjelang pernikahan. Semoga saja ulasan singkat diatas tadi bisa kalian jadikan bahan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *