Meler Terus Setiap Pagi, Bisa Jadi Rinitis Alergi

Posted on March 31, 2019 in Kesehatan

Apakah anda merupakan salah satu orang yang selalu bersin-bersin dan hidung meler setiap pagi atau malah lari padahal tidak sedang flu. Bisa jadi anda mengalami alergi rinitis. Penyebabnya adalah alergen, bisa berupa udara dingin, debu, atau serbuk bunga. Alergen merupakan semua hal yang dapat memicu reaksi alergi. Rinitis alergi atau dikenal juga dengan hay fever memiliki respon alergi berupa berbagai gejala yang menyerang hidung. Rinitis alergi berkembang saat sistem kekebalan tubuh seseorang menjadi lebih sensitif dan merespons secara berlebihan terhadap sesuatu yang ada di lingkungan. Meski dikenal juga dengan hay fever, namun alergi ini tidak akan menyebabkan anda demam.

Pada Umumnya Rhinitis alergi dibedakan menjadi 2 bentuk yang berbeda, yaitu seasonal allergic rhinitis dan perennial allergic rhinitis. Gejala dari seasonal allergic rhinitis ini terjadi saat musim semi, musim panas, dan awal musim gugur dan biasanya disebabkan oleh spora jamur ataupun serbuk sari dari rumput. Sedangkan, perennial allergic rhinitis disebabkan oleh tungau debu, bulu hewan, kecoa, ataupun jamur yang bisa terjadi sepanjang tahun. Alergi seperti serbuk sari rumput dan pohon, bulu hewan peliharaan, tungau debu, jamur, asap rokok, parfum, dan knalpot diesel dapat menjadi pemicu gejala hay fever. Adapun gejala yang paling umum dari hay fever meliputi, Hidung berair atau tersumbat, Mata, mulut, atau kulit yang terasa gatal, Bersin-bersin, Kelelahan yang sering kali disebabkan karena kualitas tidur yang buruk akibat dari hidung yang tersumbat

Karena gejala tadi, penderita rinitis umumnya mengeluhkan sulit berkonsentrasi, tidak bisa fokus, sehingga sulit mengambil keputusan. Pada gejala yang berlarut-larut, penderitanya mengeluhkan mudah marah atau tersinggung, kualitas tidur terganggu sehingga merasakan kelelahan. Jika Anda memutuskan pergi ke klinik, biasanya dokter akan mencari tahu penyebab rhinitis alergi dari gaya hidup dan lingkungan sekitar. Sebagai pencegahan anda bisa mengkonsumsi berbagai obat herbal di Goapotik, karena apotik online ini menawarkan berbagai obat-obatan alami, dan kimia serta Obat Luka Jari Terpotong Pisau, bahkan suplemen untuk ibu hamil, serta berbagai obat resep dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *