Kegunaan Serta Fungsi Lain Obat Mual

Posted on December 26, 2019 in Kesehatan

Semua obat memiliki kasiat dan tentunya kegunaan masing-masing bergantung dengan penyakit yang diderita pasien. Apakah anda tahu kegunaan obat Domperidone? Ada banyak kegunaan obat ini tergantung jenis penyakit yang diderita. Kegunaan dan fungsi obat ini tidak dapat digunakan dengan sembarangan dan tentunya harus digunakan dengan ketentuan dari dokter atau apoteker.

Penggunaan Obat Domperidone

Sebelum menggunakan obat ini, anda diharapkan membaca informasi yang tertera dalam bungkus domperidone dan apabila belum jelas, hubungi dokter atau apoteker. Mengonsumsi obat ini dalam masa penyembuhan biasanya dalam jangka waktu yang pendek, yakni tidak lebih dari dua minggu. Jika anda masih merasa mual dan muntah melewati jangka waktu satu minggu, maka konsultasi ke dokter segera.

 Kegunaan dan Fungsi Obat Domperidone

Obat Domperidone bertujuan untuk meningkatkan kontraksi atau pergerakan pada lambung dan usus. Obat ini sering digunakan orang untuk mengobati mual dan muntah, baik bagi anak-anak atau orang dewasa. Selain itu juga, obat tersebut sering digunakan untuk mengobati dan mengatasi gejala pada penderita Parkinson.

Parkinson merupakan sebuah gangguan atau kerusakan pada otak dan saraf yang mempengaruhi system gerak tubuh. Gejala yang dialami pada penderita adalah merasa gemetar ringan pada salah satu tangan atau otot terasa kaku. Selain itu gejala tersebut dapat lebih parah dari waktu ke waktu jika tidak segera di tangani oleh dokter spesialis.

Domperidone juga dapat meredakan perut anda yang sedang nyeri dan mengalami maag. Selain itu juga obat ini dapat meredakan refluks asam lambung atau biasa dikenal dengan GERD. Penyakit asam lambung ini merupakan sebuah kondisi pada perut yang terasa nyeri dan dada terasa seperti terbakar. Hal tersebut disebabkan karena naiknya asam lambung ke esophagus.

Biasanya orang yang menderita GERD adalah orang yang menderita sakit maag juga. Penyakit lambung ini disebabkan karena tidak berfungsinya LES. Perlu anda ketahui, LES atau lower esophageal sphinchter merupakan lingkaran otot pada dalam leher bagian bawah esophagus. Penyakit ini tidak disebabkan oleh virus, seperti penyakit DBD pada anak, jadi tidak bisa diatasi dengan obat demam berdarah anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *