Cara Mengatasi Emfisema Dengan Melakukan 6 Langkah Perawatan

Posted on January 11, 2020 in Kesehatan

Memiliki penyakit paru-paru akan membuat hidup memiliki banyak tantangan, karena Anda akan merasakan gangguan yang dibawa oleh penyakit paru-paru tersebut. Seperti halnya batuk, sesak nafas, ataupun kelelahan. Tentu saja dengan kondisi tersebut akan membuat aktivitas keseharian menjadi terganggu dan juga sulit.

Penyakit paru-paru sendiri ada berbagai macam, salah satunya ialah emfisema. Emfisema masuk ke dalam penyakit paru-paru kronis obstruktif (PPOK) yang mana penyakit ini disebabkan oleh peradangan yang mengakibatkan kerusakan jaringan paru-paru pada bagian dekat saluran pernafasan, khususnya pada bagian kantong udara. Sehingga dengan adanya kerusakan tersebut membuat Anda mengalami kesulitan saat bernafas . Jadi diperlukan sebuah cara mengatasi emfisema untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut

Hal yang Menyebabkan Emfisema

Emfisema merupakan penyakit paru-paru yang mengakibatkan gangguan pada saluran pernapasan, dimana akan membuat nafas menjadi pendek. Gangguan tersebut terjadi dalam jangka panjang, sehingga diperlukan sebuah cara mengatasi emfisema untuk menguranginya. Namun sebelumnya, apakah Anda sudah tau apa yang menyebabkan emfisema ini? Jika belum mengetahuinya, lihat penjelasan berikut ini.

Emfisema bisa terjadi disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada jaringan paru-paru, tetapi juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk yang dilakukan selama kehidupan (keseharian). Maksudnya di sini ialah dimana kebiasaan merokok bisa menyebabkan terjadinya emfisema.

Oleh karena kebiasaan buruk tersebut mengakibatkan kerusakan pada saluran udara pernafasan, yang akan membuat udara terjebak pada kantong udara dalam tubuh dan paru-parunya dibiarkan kosong. Sehingga kantong udara tersebut akan menggembung memenuhi dada tanpa ruang sedikit pun, dan tidak ada celah untuk terjadinya pertukaran udara.

Cara Mengatasi Penyakit Emfisema

Jutaan orang sudah menderita emfisema dan PPOK, dan penyakit ini merupakan kondisi yang cukup besar untuk menyebabkan kematian. Oleh karena itu, jika Anda merasa atau menderita penyakit ini sebaiknya melakukan beberapa cara mengatasi emfisema berikut ini sebagai langkah perawatan.

  • Mengkonsumsi obat-obatan seperti Bronkodilator, Steroid, Antibiotik, dan oksigen. Cara ini dilakukan untuk mengurangi gejala emfisema yang dirasakan, seperti batuk, asma, dan juga sesak nafas.
  • Hindari hal-hal yang bisa menyebabkan iritasi paru-paru. Misalkan seperti polusi udara yang tinggi, asap, udara alergen, dan lain sebagainya.
  • Selalu persiapkan diri Anda untuk keadaan darurat. Keadaan darurat di sini ialah seperti cuaca buruk yang bisa memicu gejala emfisema kambuh. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mempersiapkan beberapa hal seperti amunisi miliki Anda (inhaler, daftar obat, makanan, kontak dokter, keluarga, ataupun teman).
  • Mencari dan menerima dukungan emosional cukup membantu Anda dalam menjalankan perawatan penyakit ini. Sebab gangguan penyakit emfisema akan membuat hari-hari Anda penuh tantangan, sehingga butuh dukungan dari orang terdekat agar tidak depresi.
  • Temui dokter secara teratur untuk melihat perkembangan, dan ikuti semua rencana pengobatan dalam mengatasi emfisema.
  • Jika kondisi sudah sangat kronis, pembedahan bisa saja dilakukan untuk mengatasinya. Pembedahan yang dilakukan adalah untuk mengangkat kantong udara yang rusak, yang mana akan dilakukan transplantasi paru-paru. Namun semua hal tersebut tentu saja harus sesuai dengan keputusan dari dokter.

Pada dasarnya, cara mengatasi emfisema sebenarnya hanya bertujuan untuk mengurangi gejala yang dirasakannya saja. Sehinga hal tersebut bisa dikatakan sebagai langkah selama masa perawatan saja. Jadi cara-cara yang bisa dilakukan adalah seperti yang sudah di sebutkan di atas, mulai dari konsumsi obat hingga melakukan pembedahan jika kondisi memang sudah sangat berat atau kronis. Namun alangkah baiknya mulai saat ini cobalah untuk melakukan hidup yang lebih sehat, untuk mencegah terjadinya emfisema sebelum terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *