4 Cara Aman Menghilangkan Keputihan

Posted on January 10, 2019 in Kesehatan

Image result for keputihan

Adanya keputihan bagi setiap wanita merupakan sesuatu hal yang biasa. Keputihan ini memang bukan sebuah penyakit, tetapi adanya keputihan ini sebagai gejala Miss V kamu sedang mengalami masalah. Keputihan atau yang didalam istilah medisnya itu Flour Albus merupakan cairan atau lendir yang keluar dari bagian vagina dikarenakan adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan juga parasit. Masalah keputihan ini tidak boleh dibiarkan karena dapat menyebabkan timbulnya peradangan yang akan terjadi pada saluran kencing, sehingga nantinya pada saat buang air kecil akan terasa sangat perih. Jika kamu mengalami tanda tanda keputihan berupa cairan yang berwarna bening kehijauan yang keluar dari bagian vagina secara berlebihan seperti menstruasi, cairan yang keluar kental dan amis baunya, terasa gatal pada bagian sekitar vagina, hingga sekitar vagina terasa panas, maka keputihan yang kamu alami memerlukan penanganan yang cukup serius.

Untuk mengatasi keputihan yang berlebihan ini, kamu kemungkinannya bisa menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia. Tetapi produk pembersih tersebut mengandung bahan kimia sehingga bisa saja tidak cocok dan malah akan lebih memperburuk kondisi masalah keputihan yang sedang dialami. Kamu tidak perlu khawatir karena adanya banyak cara aman untuk menghilangkan keputihan seperti dibawah ini :

  1. Daun Sirih

Cara pemanfaatan daun sirih untuk menghilangkan keputihan ini adalah dengan mengambil sepuluh helai daun sirih lalu dibersihkan. Setelah itu daun sirih direbus didalam 2 liter air selama 5 menit, lalu tunggu hingga air rebusannya menjadi hangat. Kemudian air rebusan daun sirih digunakan untuk membasuh area kewanitaan secara teratur setidaknya 3 kali didalam seminggu. Tetapi yang perlu kamu ketahui adalah area kewanitaan ini jangan terlalu sering dibasuh dengan menggunakan air rebusan daun sirih, karena jika dilakukan dapat menghilangkan bakteri baik yang seharusnya ada untuk membantu menjaga pH kewanitaan kamu.

  1. Lidah Buaya

Kandungan antiseptik yang ada didalam lidah buaya dipercaya dapat mengatasi masalah keputihan. Cara pemanfaatannya adalah dengan mengambil bagian yang ada didalam daging lidah buaya lalu dipotong potong dan diblender. Lidah buaya yang telah diblender itu direbus bersama dua gelas air dan juga dengan daun sambiloto sebanyak 5 lembar. Kemudian tunggu hingga air rebusannya hangat, lalu setelah hangat gunakan untuk membasuh bagian vagina. Supaya keputihan cepat hilang lakukan cara ini setidaknya 2 kali didalam sehari.

  1. Sambiloto

Cara pemanfaatan sambiloto untuk menghilangkan keputihan ini adalah dengan mengambil tanaman sambiloto sebanyak 3 batang lalu direbus bersama 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas air. Setelah itu air disaring lalu diminum sebanyak 3 kali didalam sehari dengan dosis ¾ gelas untuk sekali minum.

  1. Mengkonsultasikannya Dengan Dokter Ahli

Kamu seringkali merasa enggan untuk datang ke dokter dan berkonsultasi pada saat adanya masalah pada area kewanitaan. Padahal hal ini akan membuat kamu mengalami kesulitan pada saat akan mengatasi masalah kewanitaan yang sedang dialami termasuk keputihan. Jangan pernah ragu untuk mengunjungi dokter kandungan dan pastikan dokter tersebut telah memiliki alat kedokteran yang dapat membantu kamu mengatasi masalah keputihan secara efektif.

Itulah 4 cara aman menghilangkan keputihan. Memang tidak semua keputihan itu akan berbahaya tetapi sangat penting untuk mengatasinya secara dini dengan menerapkan pola kehidupan sehat. Sehingga nantinya akan terhindar dari bakteri, virus, dan jamur penyebab keputihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *